fbpx

Call us:  +62 081 6533 777

Tindakan magnetis setjara langsung

Tidak semua orangmampu melakukan tindakan magnetis setjara langsung. Kita mengatakan bahwa setiap orang bisa melakukan pertjobaan-pertjobaan jang tertera dalam bab-bab jang lalu. Maka dalam pertjobaan-pertjobaan tindakan magnetis setjara langsung, akan ada beberapa siswa jang tak bisa melaksanakan.

Ini tak mengapa, karena tindakan magnetis setjara langsung tak begitu penting dalam kehidupan sehari-hari, apalagi kalua sudah pandai melaksanakan pertjobaan-pertjobaan magnetis lainnja, jang tjukup praktis dan berfaedah.

Hanja mereka jang merasa,bahwa tenaga magnetisnja tjukup besar untuk mengadakan eksperimen-eksperimen jang lebih hebat, maka tindakan magnetis setjara langsung ini memberi kemungkinan-kemungkinan jang baik sekali.

Kita telah membahasa pengaruh magnetis setjara pandjang-lebar penggunaan pengaruh magentis dengan pandagan magnetis dan tentunja anda sudah mendapat kemadjuan-kemadjuan sedemikan rupa, sehingga menjuruh orang lain menoleh, membelok kekiri atau kekanan sewaktu ia djalan, dll-nja. Atau menjarankan kepada orang jang anda adjak bitjara untuk mengutjapkan kata-kata tertentu.

Pertjobaan-pertjobaan ini sesungguhnja tak pernah bertentangan dengan kemauan sujet, dan ini memang bukan tindakan magnetis setjara langsung, karena pemantjaran tenaga magnetis itu masih melalu pandagan mata atau kata-kata jang diutjapkan, dan lagi dalam mempengaruhi orang dalam pertjakapan, anda menggunakan suasan djiwa orang tesebut.

Kita telah mengkisahkan peristiwa Baron du Potet.

Dalam pada itu seorang dokter ahlisjaraf Djerman, Dr. E. Tromner berdasarkan penjelidikan-penjelidikan eksperimental(dengan pertjobaan) menerangkan , bahwa sekurang-kurangnja satu diantara sepuluh orang bisa dihipnotisir bertentangan dengan kemauannja. Dalam hipnotisme, kemauan ditundukkan sama sekali. Dimana satu diantara sepuluh orang bisa di hipnotisir bertentangan dengan kemauannja, maka hamper semua orang bisa dipengaruhi dengan sugesti-sugesti(saran-saran).

Sugesti adalah kemenangan ketjil darisi pemberi sugesti terhadapsujet. Kita mengetahu adanja saran-saran ketjil jang mengiriingi pandangan magnetis. Sekarang saran-saran itu kita perluas.

Selama beberapa tahun ini banjak istilah-istilah jang digunakan untuk menjebut “pengiriman pikiran-pikiran” ada jang menamakan telepati, ada jang menakan kontak magnetis. Ada beberapa matjam permainan-permainan berdasarkan pengiriman pikiran ini.

Salah satu permainan jang paling menarik hati, adalah sbb: Dua puluh matjam benda diletakkan diatas medja. Salah seorang hadirin mengangkat salah satu benda sebentar, Semua orang memusatkan pikriannja kepada bend aitu, dengan maksud jang kuat, supaja sujet jang berada dalam kamar lain akan tahu benda man jang diangkat, apabila ia dipanggil.

Sujet jang disekap matanja disilakan masuk, Pemimpin dari permainan minta kepada hadirin untuk mengosongkan pikiran mereka. Sujet achirnja di silakan menjebutkan pikiran jang timbul dalam otaknja. Delapan puluh diantara seratus kedjadian . sujet akan menjebutkan nama benda jang diangkat tadi. Dan djika ia salah menjebutnja, biasanja ia menjebut nama benda jang mirip sekali dengan benda jang dimaksudkan.

Djika jang ikut dalam permainan ini orang-orang jang mahir dilapangan magnetism, hasilnja akan lebih bagus lagi, apalagi kalu sujetnja orang jang bisa menjadarkan pikiran jang dikirimkan kepadanja. Seorang dokter di Munchen mengadakan pertjobaan-pertjobaan dengan anak umur sebelas dan tigabelas tahun.  Dokter tersebut duduk pada djarak tiga meter dari anak laki-laki nja umur tiga belas tahun, dalam suatu kamar gelap.

Ia mengarahkan pandangannja kepada bagian belakang anak tersebut, dan memberitahukan angka-angka tertentu(tanpa berbitjara, semata-mata dengan memusatkan pikiran) kepada anak tersebut. Biasanja pertjobaan ini berhasil. Kemudian ia menimbulkan pikiran-pikiran tetnang hal-hal jang lebih musjil. Ia mengangan-angan kan (membajangkan dalamfikiran) arlodjinam dan menunggu tiga menit. Maka kata anak tersebut, “Saja melihat suatu bulatan jang ditjantumi dengan paku bengkok. Ditengahnja ada bundaran berwarna putihm dan ada garis-garis dipinggirnja…. Arlodji ajah!” inilah tjontoh tindakan magentis setjara langsung terhadap anak lagi lagi berumur tiga belas tahun.

Anak ini mempunjai bakat untuk bisa lekas menjadari pikiran-pikiranna. Inimembuktikan bahwa ia memang menerima lukisan pikiran itu. Akan tetapi ada kalanja orang-orang jang djuga menerima Luksan-lukisan pikiran akan tetapi jang tak mampu segera menjadarkannja. Dengan demikiran getaran-getaran magnetis itu tetap berada dalam otak setjara tak sadarm meskipun pengaruhnja tetap ada. Kita pernah menjinggung hal betapa pikiran-pikiran tak sadari ini bisa merintangi kerdja akal dan kemauan.

Meskipun pikiran abstrak dan perintah-perintah tak begitu mudah masuk kedalam kesadaran dibandingkan dengan angan-angan(gambaran dalam pikiran), namun pengaruhnja tak kurang pentingnja.

Kita sekarang membahasa pembangkitan angan-angan sebagai bentuk p[ikiran jang terbaik untuk diprojeksikan. Duduklah dalam kamar, sendirian, dikursi jang empuk dan enak. Bangkitkanlah suatu ingatan dalam akal anda, dan karena ingatan anda sudah terlatih, anda tak sukar membentuk gambaran djelas dari ingatan ini. Se-olah olah peristiwa-peristiwa tertentu terdjadi kembali didepan mata anda, seperti film.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories