Seputar spiritual, meditasi dan Reiki
Seputar spiritual, meditasi dan Reiki

Call us:  +62 081 6533 777

Spirit Ch’an

Barangkali sebagian dari pembaca pernah mendengar ungkapan bahwa “Ch’an tidak dibangun berdasarkan katakata atau bahasa” dan “Ch’an adalah suatu transmisi di luar ajaran-ajaran konvensional”. Tetapi jika Ch’an tidak bersandar pada kata-kata, mengapa orang mau membaca sebuah buku tentang Ch’an? Bukankah itu merupakan kontradiksi? Walaupun tidak dibangun berdasarkan kata-kata, di antara berbagai sekte Buddhisme di Cina, justru Ch’an adalah yang telah menghasilkan paling banyak karya-karya tulis. Namun, tujuan utama dari tulisan-tulisan ini ialah untuk menunjukkan atau mengajarkan kepada anda bahwa “Ch’an tidak dibangun berdasarkan kata-kata atau bahasa” dan bahwa “Ch’an adalah suatu transmisi di luar ajaran-ajaran konvensional”. Jadi demikian ada alasan kuat bagi anda untuk membaca buku semacam ini.

Kata “Ch’an” dapat berarti pencerahan, dan pencerahan dapat diartikan sebagai memahami “makna yang utama”, atau “kebenaran ultimit (pamungkas)”. Dalam Ch’an, ada pula yang disebut “makna sekunder” atau “kebenaran konvensional”. Kebenaran konvensional bisa diungkapkan dengan kata-kata serta konsep-konsep, tetapi kebenaran utama atau ultimit dari Ch’an tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata. Dalam tradisi Ch’an, kadang kebenaran pamungkas diibaratkan dengan bulan, dan kebenaran konvensional diibaratkan dengan jari yang menunjuk bulan tersebut.

Seseorang yang sudah melihat bulan menunjuk dengan jari untuk menunjukkannya kepada orang yang belum melihatnya. Apabila mereka melihat jari tersebut, bukan bulannya, berarti mereka belum memahaminya. Jari bukanlah bulan. Kata-kata, bahasa, ide-ide serta konsep-konsep adalah ibarat jari dan hanya bisa mengungkapkan kebenaran konvensional. Kebenaran ultimit dapat disebut ‘pikiran’ (mind), sifat asli (original nature), atau sifat hakekat-Kebuddhaan (Buddha-nature). Ini adalah sesuatu yang harus dan hanya bisa dialami sendiri oleh setiap individu. Kebenaran ultimit takkan pernah dapat dideskripsikan secara penuh.

Categories