Seputar spiritual, meditasi dan Reiki
Seputar spiritual, meditasi dan Reiki

Call us:  +62 081 6533 777

Ilmu Pengetahuan Bernapas

Barangkali banjak diantara pembatja jang dihinggapi berbagai salahpaham mengenai para Yogi, filsafat serta pengalaman³nja. Banjak ditulis tentang berbagai kisah kaum fakir, pengemis2 dan tabib² gadungan, jang memenuhi dan mengatjaukan djalan² di kota2 India, jang tanpa tahu malu menamakan dirinja ..Yogi”. Ada kisah-njata tentang orang2 jang sangat kotor, duduk atau berdiri dengan sikap-sama, ber-hari²an, sehingga tubuhnja membatu. Ada jang terus-menerus mengepalkan tangannja, sehingga telapak tangannja tertusuk sampai tembus oleh kuku² djari jang terus bertumbuh.

Orang2 djorok dan fanatik itu memang ada, akan tetapi mereka itu sama sekali tak berhak menamakan dirinja „Yogi”, dan sikap mereka itu merupakan hinaan besar bagi para Yogi sedjati. Tak kurang salah dan bodohnja untuk memberi sebutan ,,Dokter” kepada seorang tabib gadungan tukang menipu.

Sedjak ber-abad² lamanja di India dan dinegeri-negeri Timur ada orang2 arif, jang mentjurahkan waktu dan pikirannja kepada perkembangan manusia, djasmani dan rohani, raga dan djiwa. Pengalaman dari zaman ke zaman, dari generasi ke generasi, jang disiasati dan peladjari oleh para arif diturunkan dari guru kepada siswa, dan lambat-laun tersusunlah suatu Ilmupengetahuan Yoga.

Yogi ini bisa dipraktekkan dengan berbagai tjara. Dari hasrat usaha untuk menguasai badan, hingga mentjapai perkembangan rohani, tertinggi. Di India ada mazhab2 Yoga, jang menghimpun orang2 terkemuka dari negeri Gangga itu. Filsafat Yoga merupakan anutan banjak orang. Adjaran² Yogi jang sedjati hanja diberikan kepada beberapa siswa sadja.

Buku kita ini tak memperdalami segi kerohanian Yoga, ketjuali jang ada sangkutpautnja dengan Ilmupengetahuan Bernapas.

Ilmupengetahuan Bernapas” (Pranayama) ini dalam beberapa hal ada hubungannja dengan Yoga”. Meskipun mengutamakan segi djasmani, namun Pranayama mempengaruhi segi rohani dan perkembangan rohani.

Orang2 Hindu selalu mentjurahkan perhatian kepada Ilmupengetahuan Bernapas karena hal2 jang akan diterangkan dalam buku ini. Kita akan membahas pengertian Barat dan Timurnja, dan akan menundjukkan, bagaimana Timur dan Barat itu saling isi mengisi.

Bab pertama dari buku ini chusus mengenai bidang djasmani (fisik)nja, kemudian segi kedjiwaan (psychis dan mental)nja, dan achirnja membahas segi rohani (spirituil)nja.

Dengan senang hati kami bisa menjatakan disini, bahwa kami berhasil membahas pengetahuan Yoga jang begitu luas dan banjak segi²nja setjara singkat, dengan kata² jang bisa dimengerti oleh setiap orang. Tapi kami kuatir djuga, bahwa djusteru karena kesederhanaannja itu, orang mengira bisa menjampingkan buku ini, untuk membatja buku² tebal jang dikira lebih banjak dan dalam isinja.

Tapi orang sekarang pada umumnja praktis. Oleh karena itu, kami jakin dalam waktu jang singkat buku ini akan membuktikan manfaat dan faedahnja.

Kami mengharapkan, para pembatja mempersiapkan diri untuk peladjaran² pertama dari Ilmupengetahuan Bernapas para Yogi ini.

Categories